Dewasa ini, media apapun bisa digunakan untuk
berbisnis, salah satunya ialah media elektronik. Memang benar adanya bila zaman sekarang ini disebut sebagai era digital. Dengan mudah dan murah,
banyak orang yang memilih jasa internet untuk mengenalkan barang yang dijualnya. Caranya ialah dengan mengiklankan barang yang dijual dengan menggunakan jasa internet untuk
mengenalkan barang kepada khalayak. Hal itu pula yang dilakukan oleh Riri dalam menjalankan usaha online shop miliknya. Usaha yang ia rintis bersama
sepupunya, Rechti, ini mulai berdiri pada bulan Februari 2012 menggunakan
jejaring sosial facebook dengan nama akun Kireina Hijabshop.
Usahanya ini
berawal dari perhatiannya
yang sangat besar pada para pengguna hijab. Ia melihat masih banyak orang yang masih bingung menggunakan
hijab. Dengan mendirikan Hijabshop ini, Riri dan Rechti ingin memotivasi para sahabat
Kireina (sebutan untuk para langganannya/follower) yang belum berhijab untuk menggunakan
hijab. “Dengan berhijab, kita bisa tampil cantik dan modis” begitulah motivasi
yang sering dikatakan Riri. Tidak hanya memotivasi dan memberi dorongan, Riri
juga memberikan tutorial hijab agar lebih banyak wanita yang tertarik dan terinspirasi kemudian bergabung menjadi sahabat Kireina.
Menurut Riri
bisnis
online itu cukup hemat tidak membutuhkan modal banyak. Modal yang dibutuhkan hanya sebatas untuk biaya akses internet dan biaya pengiriman barang. Adapun barang-barang yang dijual Riri hanya dia pajang di
toko onlinenya dan dia tidak membuka outlet di rumah. Sehingga otomatis pembelinya bisa lintas daerah dan bahkan lintas provinsi.
Pendapatan yang Riri dapatkan
dari usaha online shop ini cukup lumayan, dengan
omset sekitar
enam sampai tujuh juta rupiah per bulannya, ia dapat meraup keuntungan sekitar 30%. Hal ini sudah termasuk cukup memuaskan bagi
Riri yang pekerjaannya
sebagai ibu
rumah tangga dan Rechti yang merupakan seorang hakim.
Menurut
Riri dalam menjalankan usaha itu memang harus ada tantangannya, karena dari
tantangan itu maka seorang pengusaha dapat belajar, dan terus mencoba. Seperti
yang dia katakan “Resep sukses itu adalah berani mencoba, jika gagal coba lagi
dan lagi.”
Inilah yang memotivasinya untuk konsisten menjalankan usaha online shop. Riri juga cukup bijak dalam menanggapi kompetitor. Baginya,
kompetitor adalah sebagai media
pembelajaran. Dia bisa berkaca dari online shop lain, apa yang kurang dari
online shopnya, dan menjadi inspirasi untuk menciptakan produk baru. Oleh
karena itu Riri menganggap bahwa tantangan merupakan motivasi dia untuk terus berkarya dalam dunia bisnis.
0 komentar:
Post a Comment